Terlambat, Dianggap Gugur

Terlambat, Dianggap Gugur

Hari Ini, 600 Peserta CPNS Adu Nasib

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 600 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kaur akan mengikuti seleksi kompotensi dasar (SKD) hari ini (Senin (5/11) di SMP 8 Kaur, Desa Suka Raja Kecamatan Tetap. Dalam tes ini, panitia mewajibkan datang lebih awal sebelum jadwal dimulai. Jangan sampai saat pelaksanaan tes peserta belum berada di lokasi. Akibatnya panitia tak akan mengizinkan peserta untuk mengerjakan soal lagi.

“Disini kita tidak ada toleransi waktu. Sesuai jadwal, saat sistem online sudah bekerja, maka tak bisa lagi menyusul, terlambat kita nyatakan gugur,” kata Sekda Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi yang juga ketua pelaksana tes CPNS Kaur, saat ditemui Bengkulu Ekspress di lokasi persiapan tes CPNS, kemarin (4/11).

Dikatakan Sekda, ujian sistem online CAT UNBK yang digunakan mewajibkan peserta hadir sebelum pelaksanaan dimulai. Peserta akan diberikan username dan pasword untuk dapat mengakses komputer, sehingga bila terlambat, maka username dan pasword itu sudah dihapus oleh sistem dan tak bisa diberikan kepada peserta.

“Kalau mau ikut tes CPNS meski disiplin waktu, lokasi ujian berada di dekat jalan lintas, tak ada alasan kalau terlambat, jadwal sesi-sesi sudah jelas,” tegas Sekda.

Sekda juga menegaskan, sesuai dengan pengumuman yang sudah disampaikan di media cetak dan juga website resmi BKD, peserta wajib hadir paling lambat 60 menit sebelum sesi ujian dimulai. Artinya khusus hari ini sesi pertama akan dimulai pukul 10.00 WIB. maka peserta wajib hadir paling lambat pukul 09.00 WIB.

Begitu juga dengan sesi selanjutnya menyesuaikan dengan pengumuman yang disampaikan oleh pihaknya beberapa hari yang lalu. “Lebih lengkapnya peserta baca ulang pengumumannya jangan sampai salah memahami, dan kita berharap besok (hari ini) tidak ada peserta yang gugur gara-gara terlambat,” terangnya.

Ditambahkan, Sekda, mengenai listrik serta peralatan lain, sejak Sabtu hingga Minggu, Sekda bersama sejumlah pihak terkait sudah melakukan pemantauan dan memastikan tak ada lagi kendala. Bahkan pada hari Sabtu pihaknya sudah melakukan uji coba peralatan dan berjalan dengan lancar. Sehingga dipastikan tak ada masalah berarti dengan peralatan dan dipastikan pula hari ini akan dapat dimulai pelaksanaan tes CPNS.

“Genset sudah kita siapkan di lokasi bila terjadi pemadaman, selain itu juga kita sudah meminta dukungan dengan PLN agar tak dilakukan pemadaman. Hari pertama ada tiga sesi dengan jumlah peserta yang ikut ujian sebanyak 600 peserta satu sesi memuat 200 peserta, dan ruangan ada lima setiap ruangan ada 40 laptop,” terangnya.

Plt Kepala BKD Kaur Asman Suhadi SP juga menyampaikan, untuk persiapan pelaksanaan CPNS ini sudah 100 persen dan tidak ada lagi kendala. Juga ia mengingatkan terkait dengan pelaksanaan tes CPNS yang untuk pertama kalinya akan dilakukan di Kabupaten Kaur ini, berdasarkan pertimbangan, salah satunya jarak tempuh dari kota Bengkulu terlalu jauh. Dimana jarak antara Kaur dan kota Bengkulu 240 KM artinya akan ada mobilisasi peserta dan keluarga peserta ke Bengkulu belum lagi ditambah dengan panitia.

“Kita tidak ingin tes CPNS di Kaur in salah angapan, dan kita pastikan tes ini murni dan tidak ada permainan, karena disini kita hanya pelaksana dan yang nentukan itu nilai passing grade. Juga tes di lakukan di Kaur ini karena jarak tempuh terlalu jauh dan juga kita memang siap,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan pemakaian gedung SMP 8 untuk pelaksanaan tes CPNS selama empat hari yakni 5-8 November 2018 ini, pihak SMP 8 memutuskan untuk meliburkan siswanya selama pelaksanaan tes CPNS ini.“Ya selama pelaksanaan tes CPNS siswa kita liburkan dan masuk lagi hari Jum’at (9/11), dan untuk libur ini nanti akan kita ganti dengan jadwal lain, sebab jangan sampai siswa ketinggalan pelajaran,” singkat Kepala SMP 8 Jitu SPd, kemarin (4/11).(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: